Selasa, 15 Desember 2009

308 Nelayan Meriahkan Lomba Mancing di Laut Tabanan



L
omba mancing di laut bertajuk "The Third Bupati Tabanan Cup, Ocean Fishing Tournament 2009" yang digelar Pemkab Tabanan dan DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Minggu (13/12) di pantai selatan Tabanan berlangsung meraih. Tercatat 308 nelayan mengikuti lomba ini dengan mengerahkan 108 jukung.

Bupati Tabanan N. Adi Wiryatama dalam sambutannya mengaku bangga karena lomba ini diikui oleh ratusan nelayan. “Banyaknya peserta dari kalangan nelayan ini menjadi satu bukti bila lomba mancing di laut ini pro rakyat,” katanya menyindir pihak-pihak yang selama ini menilai kegiatan lomba mancing di laut hanya hura-hura dan menghambur-hamburkan uang APBD.

Pada kesempatan tersebut Bupati Wiryatama juga menyatakan rasa bangganya, karena pada lomba kali ini panitia bisa menggelarnya secara swadaya, tanpa mendapat sumbangan dari APBD Tabanan. “Saya merasa bangga, karena lomba ini sumber dananya dari para sponsor dan donatur, sama sekali tidak menggunakan dana APBD,” katanya sambil mengharapkan lomba ini bisa kembali digelar pada tahun-tahun mendatang. “Siapa pun nanti bupatinya, saya berharap lomba ini bisa digelar kembali pada tahun mendatang karena manfaatnya langsung dirasakan oleh para nelayan,” katanya berharap.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Panitia Lomba, I Ketut Arsana Yasa yang melaporkan lomba diikuti total 317 peserta. Perinciannya sembilan peserta kategori profesional dan 308 peserta nelayan kategori tradisional. “Masing-masing nelayan peserta lomba mendapatkan jaring 0,5 fis, baju kaos dan konsumsi,” katanya sambil menambahkan pemberian bantuan jaring dimaksudkan untuk memotivasi agar para nelayan bisa lebih mengoptimalkan pemanfaatkan potensi kelautan dan perikanan yang ada.

Juara lomba
Dari arena lomba, setelah sekitar lima jam memancing di laut, ternyata sebagian besar peserta kategori tradisional tidak mendapatkan hasil. Hanya beberapa saja yang mendapatkan ikan. Sementara di kategori profesional, sebagian besar berhasil memancing ikan. Di kategori profesional ini, juaranya diborong oleh peserta dari luar Tabanan khususnya dari Seseh, Munggu dan Pererenan, Badung.

Juara pertama diraih I Wayan Suastika yang mampu mendapatkan seekor ikan seberat 23 Kg. Dia berhak atas hadiah sebesar Rp 5 juta. Juara dua diraih rekannya Ketut Bambang Surya dengan hasil tangkapan ikan seberat 11,5 Kg dan meraih hadiah Rp 3 juta serta Putu Subawa di posisi ketiga dengan tangkapan seberat 9,5 kg meraih Rp 1,5 juta. Sementara juara harapan satu diraih Bagus Ketut Armita asal Banjar Kangkang, Pererenan dengan tangkapan 0,9 Kg berhak atas hadiah Rp500 ribu.

Pada katagori tradisional yang khusus diikuti oleh para nelayan Tabanan, juara satu diraih kelompok Nelayan Mina Samudra, Selabih, Selemadeg Barat dengan ikan tangkapan seberat 10, 5 Kg berhak atas hadiah sebuah mesin tempel. Juara kedua dengan tangkapan ikan seberat 5,5 Kg diraih kelompok Darma Murti Yeh Gangga, Tabanan berhak atas hadiah sebuah jukung. Juara ketiga direbut kelompok Segara Nadi II dari Pasut Kerambitan dengan ikan tangkapan seberat 4,1 Kg berhak atas hadiah satu set alat pancing trolling. Sementara Jura harapan I direbut kelompok Sari Soka Segara dengan ikan seberat 4 Kg berhak atas jarring 5 Fis, juara harapan dua diraih kelompok Sari Soka Segara dengan tangkapan seberat 3,6 berhasil atas jaring 4 fis dan Kelompok Sari Nadi II meraih juara harapan tiga dengan tangkapan seberat 2,9 berhak atas jaring 3 Fis.

Bupati Tabanan N Adi Wiryatama yang berpasangan dengan Ketut Arsana Yasa mendapatkan seekor ikan jenis Kuwe seberat 2,3 Kg dan seekor lobster gagal merebut hadiah. ”Meski hanya mendapat seekor ikan dan lobster, saya merasa puas. Pada lomba-lomba sebelumnya, saya sama sekali tidak pernah mendapat ikan,” katanya kepada wartawan sesaat setelah mendarat.

Selain dua kategori profesional dan tradisional, pada lomba kali ini bupati juga menambah dua katagori lagi yakni jukung terbersih dengan hadiah Rp 500 ribu diraih kelompok Jaya Samudra dan terkotor dengan hadiah 1 Kg detergen didapatkan oleh Kelompok Budi Merta. Selain itu juga diundi hadiah doorpirze berupa sebuah sepeda motor Jupiter Z diraih I Ketut Sueda nelayan asal Pasut, Kerambitan. Panitia juga mengundi puluhan hadiah hiburan lainnya. (gus)

Tidak ada komentar: