Kamis, 19 Agustus 2010

Lomba Perikanan Tingkat Provinsi, Dua Duta Tabanan Raih Prestasi Terbaik

Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) “Giri Gangga Merta”, Desa Candi Kuning, Baturiti dan Kelompok Pengolah Ikan “Tuna Segara” Br. Tegeh, Desa Angseri, Baturiti yang menjadi duta Kabupaten Tabanan dalam lomba perikanan tingkat Provinsi Bali tahun 2010, keluar sebagai juara pertama. Hadiah sebagai juara pertama berupa uang tunai, trophy dan piagam telah diterima masing-masing ketua kelompok dari Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat apel HUT Provinsi Bali di lapangan Puputan Renon, Denpasar, Sabtu (14/8).

Ketua Pokmaswas “Giri Gangga Merta”, Dewa Putu Adnyana seusai menerima hadiah mengemukakan rasa bangga dan syukurnya karena kelompoknya yang baru berdiri tahun 2008 lalu berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Pokmaswas Tingkat Provinsi Bali tahun 2010. “Kalau melihat Pokmaswas pesaing yang rata-rata sudah berdiri lama, prestasi yang kami raih ini merupakan kejutan yang menjadi kebanggaan tersendiri,” katanya berterus-terang.



Menurut Putu Adnyana, presatasi yang diraih kelompoknya tidak bisa dilepaskan dari pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Tabanan selama ini. “Melalui kesempatan ini, kami menyampaikan terima kasih atas bantuan dan pembinaan yang telah dilakukan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan selama ini,” katanya sambil menambahkan, kelompoknya saat ini sudah memiliki speed boat pengawas bantuan dari Diskanlaut Tabanan yang dimanfaatkan untuk pengawasan secara berkala di Danau Beratan,

Hal senada diungkapkan I Made Darma Putra, Ketua kelompok pengolah ikan “Tuna Segara” yang meraih prestasi terbaik dalam Lomba Usaha Kecil Menengah (UKM) Pengolahan Tingkat Provinsi Bali Tahun 2010. Menurut Darma Putra, juara pertama yang diraih kelompoknya merupakan kebanggaan tersendiri. Terkait hal itu, pihaknya menyatakan rasa terimakasihnya kepada para pembina dari Diskanlaut Tabanan yang telah melakukan pembinaan secara berkala sejak setahun yang lalu. “Berkat pembinaan yang diberikan, kami telah mengalami perubahan yang sangat pesat. Baik itu tentang teknis pengolahan kerupuk kulit ikan tuna maupun administrasinya,” paparnya.

Kepala Diskanlaut Tabanan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, MM ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/8) mengatakan prestasi yang diraih dua duta Tabanan dalam lomba perikanan tersebut merupakan upaya semua pihak terkait. Baik itu dari anggota kelompok, masyarakat dan aparat pembina yang masing-masing telah berupaya maksimal untuk berbuat yang terbaik. Menurut Ariwangsa, dibanding tahun sebelumnya, prestasi yang diraih duta Tabanan dalam lomba perikanan tahun ini memang mengalami peningkatan. “Tahun lalu dalam lomba pengolahan duta Tabanan juga meraih Juara pertama. Sedangkan lomba Pokmaswas meraih juara III,” paparnya.

Terkait lomba-lomba perikanan di tahun mendatang, Ariwangsa berharap duta Tabanan bisa kembali meningkatkan prestasi. Tidak hanya di tingkat provinsi, namun di tingkat nasional. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemkab Tabanan yang ingin mewujudkan Tabanan Sejahtera, Aman dan Berprestasi (Serasi). “Kedua kelompok yang meraih juara tingkat provinsi ini, mudah-mudahan juga bisa mengukir prestasi terbaik di tingkat nasional dalam lomba sejenis,” katanya berharap. (gus)

Tidak ada komentar: