Kamis, 19 Agustus 2010

Terima Bantuan Paket Wirausaha Model Napi Tabanan Budidayakan Lele Dumbo


Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menyerahkan bantuan benih lele dumbo secara simbolis kepada Kepala LP Tabanan Kristiyanto Wiwoho.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam acara penyerahan remisi kepada narpidana di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Tabanan, Selasa (17/8), juga berkesempatan menyerahkan bantuan benih ikan lele dumbo untuk dibudidayakan napi setempat. Bantuan benih ikan lele dumbo secara simbolis diterima Kepala LP setempat, Kristiyanto Wiwoho.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Kabupaten Tabanan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, MM yang hadir mendampingi Bupati Tabanan seusai penyerahan bantuan mengemukakan, bantuan benih lele dumbo kepada napi di LP Tabanan ini merupakan bantuan dari Paket Wirausaha Model yang dikucurkan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Dirjen Perikanan Budidaya. “Paket Wirausaha Model yang dikelola oleh para narapidana ini baru kali pertama di Bali,” katanya sambil menambahkan, paket bantuan yang diberikan kepada para napi di LP Tabanan ini berupa benih ikan lele dumbo sejumlah 30.000 ekor dan pakan sejumlah 4 ton.



Menurut Ariwangsa, pemberian bantuan Paket Wirausaha Model kepada napi di LP Tabanan sebelumnya telah melalui pertimbangan matang. Di antaranya karena LP Tabanan telah memililiki lahan seluas sekitar 16 are yang secara swadaya telah dimanfaatkan untuk lahan kolam ikan. “Adanya bantuan ini, kita harapkan lahan kolam yang ada bisa dimanfaatkan secara lebih optimal untuk budidaya lele dumbo. Bila sebelumnya produksinya masih kecil, adanya bantuan ini diharapkan produksinya bisa lebih meningkat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala LP Tabanan Kristiyanto Wiwoho menyatakan rasa terima kasihnya atas bantuan Paket Wirausaha Model yang telah diberikan Pemkab Tabanan. Menurut Kristiyanto, warga binaannya selama dalam masa tahanan memang diberi bekal pengetahuan dan berbagai keterampilan seperti kerajinan, perbengkelan, pertukangan, pertanian, perikanan dan keterampilan lainnya yang diharapkan bisa menjadi pilihan usaha ketika mereka bebas.”Budidaya ikan lele dumbo, merupakan salah satu keterampilan yang menjadi pilihan usaha sejumlah warga binaan. Oleh karena itulah, kami lantas mengajukan proposal mohon bantuan benih lele dumbo yang ternyata mendapat respon positif Pemkab Tabanan melalui Dinas Perikanan dan Kelautan,” katanya berterus-terang.(gus)

Tidak ada komentar: