Senin, 02 Desember 2013

Selayang Pandang UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Pesiapan, Tabanan



 

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) Pesiapan berpusat di BBI Pesiapan yang terletak di Kota Tabanan, Bali Tepatnya  1 km arah barat Kota Tabanan.  UPTD BBI Pesipan  terdiri dari empat unit BBI yakni  BBI Pesiapan di Kecamatan Tabanan, BBI Meliling di Kecamatan  Kerambitan serta  BBI Penebel dan BBI Bolangan di Kecamatan Penebel.
Empat unit BBI tersebut berada pada ketinggian 100  - 570 Meter DPL, suhu udara 20 – 31 °C, debit air 15 – 75 l/detik dan pH 6,5 – 8,5. Luas total areal  4,56 Ha  yang terdiri dari 2,154  Ha areal perkolaman dan 2,406 Ha lainnya dipergunakan untuk perkantoran, perumahan karyawan serta sarana penunujang lainnya.
          Sumber air untuk perkolaman BBI Pesiapan berasal dari sungai Yeh Empas (menggunakan pipa sepanjang 3 Km). Sedangkan BBI Bolangan dan Penebel sumber airnya berasal dari saluran irigasi subak. Sementara sumber air di BBI Meliling berasal dari  waduk Telaga Tunjung. 


 

Sejarah
Sebelum terbentuk UPTD BBI Pesiapan, di Kabupaten Tabanan pada tahun 2001 sudah terbentuk tiga UPTD BBI, yakni UPTD BBI Penebel, UPTD BBI Baturiti dan UPTD BBI Meliling. Meski statusnya sudah menjadi UPTD, tiga unit BBI di lingkungan Dinas Perikanan dan Kelautan tersebut kondisinya belum ideal.
Pemkab Tabanan melalui DAK (Dana Alokasi Khusus) kemudian melakukan pembangunan BBI Bolangan yang lebih representatif untuk menggantikan BBI Baturiti yang mengalami kendala pengairan. Pada tahun 2006, BBI Bolangan mulai beroperasi. Berdasarkan Peraturan Bupati Kabupaten Tabanan nomor 10 tentang pembentukan susunan organisasi dan tata kerja Unit Pelaksana Teknis Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, tiga UPTD BBI yang sudah ada dilebur menjadi UPTD BBI Bolangan yang membawahi BBI Unit Penebel dan BBI Unit Meliling. Sementara BBI Unit Baturiti berhenti beroperasi.
          Mengingat kebutuhan benih ikan yang semakin meningkat, Pemkab Tabanan melalui DAK pada tahun 2006 kembali melakukan pembangunan BBI Unit Pesiapan yang sebelumnya kondisinya mangkrak dan berhenti beroperasi pada tahun 1987. BBI Unit Pesiapan akhirnya kembali beroperasi pada bulan Februari 2007, namun pembangunan fisik tetap berlanjut agar BBI Pesiapan menjadi BBI yang modern dan representatif.
          Seiring telah beroperasinya BBI Pesiapan, maka berdasarkan Peraturan Bupati No. 11 Tahun 2008, kembali diadakan penyempurnaan. UPTD BBI Bolangan berganti nama menjadi UPTD BBI Pesiapan yang membawahi unit BBI Pesipan, BBI Bolangan, BBI Penebel dan BBI Meliling.

Kedududkan, Tugas Pokok dan Fungsi
Berdasarkan Peraturan Bupati Tabanan nomor 11 Tahun 2008, Kedudukan BBI Pesiapan  merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Perikanan dan Kelautan dibidang budidaya ikan air tawar yang berada di bawah Dinas Perikanan dan Kelautan dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan.
Tugas pokok  melaksanakan penerapan teknik pembenihan dan pembudidayaan ikan air tawar serta pelestarian sumber daya induk/benih ikan dan lingkungan, melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis dan manajemen kepada pembenih dan pembudidaya ikan, membantu pemasaran para pembenih dan pembudidaya ikan melalui penyedian kios.
Fungsi UPTD BBI Pesiapan  sebagai pengaturan, fasilitasi dan dukugan penerapan teknologi pengembangan budidaya perikanan air tawar, sarana untuk mendekatkan pengetahuan dan teknologi perikanan air tawar dengan masyarakat perikanan melalui kegiatan pelatihan, kunjungan, dan magang,  penyedia informasi teknis budidaya perikanan air tawar melalui kegiatan penelitian, kaji terap dan demplot, serta pendukung dan kontributor PAD bagi Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan.

Visi dan Misi
 UPTD BBI Pesiapan memiliki Visi ” Mewujudkan UPTD Balai Benih Ikan sebagai pengembangan sistem usaha perbenihan ikan air tawar yang berdaya saing dan berkelanjutan”. Sedangkan Misi yang diemban adalah:
  • Melaksanakan alih teknologi kepada para pembudidaya ikan
  • Meningkatkan jasa pelayanan terhadap pembudidaya ikan
  • Memfasilitasi upaya pelestarian sumberdaya ikan dan lingkungan

Tujuan dan Kebijakan

UPTD BBI Pesiapan memiliki Tujuan:
  • Meningkatkan kemampuan dan profesionalisme karyawan UPTD BBI
  • Meningkatkan kualitas alih teknologi perbenihan ikan air tawar
  • Meningktkan jasa pelayanan kepada masyarakat terutama para pembudidaya ikan air tawar
  • Meningkatkan pelestarian sumberdaya ikan
Sedangkan Kebijakan Operasionalnya adalah:
  • Pemberdayaan sumber daya UPTD BBI Pesiapan
  • Peningkatan  sumber daya manusia UPTD BBI Pesiapan
  • Penerapan teknik perbenihan ikan air tawar
  • Penyediaan benih ikan yang berkualitas
  • Peningkatan manajemen informasi teknolgi perbenihan
  • Pelestarian dan pemanfaatan sumber daya perairan
  • Peningkatan sarana dan prasarana serta fasilitas UPTD BBI
  • Pelaksanaan kerjasama dengan instansi terkait, baik dalam daerah maupun luar daerah.  

Sumberdaya Manusia

UPTD BBI Pesiapan memiliki 16 personil yang terdiri dari 8 orang PNS, 1 orang Honor Daerah,  7 orang Honorer Proyek. 
Produksi Benih
Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, UPTD BBI Pesiapan melakukan  kegiatan produksi benih yang bermutu untuk didistribusikan ke berbagai wilayah di kabupaten Tabanan maupun di kabupaten lain.  Benih yang diproduksi di UPTD BBI Pesiapan meliputi komoditas ikan mas, nila, lele, tawes, gurame, lobster air tawar (Cherax) dan beberapa jenis ikan hias seperti koi dan komet.

 Kaji Terap
       
  Mengadakan kaji terap pembesaran cherax, patin, lele sangkuriang, nila taiwan, nila nirwana 1 dan 2, nila BEST dan demplot udang galah.


Diseminasi Teknologi

 Melaksanakan pelatihan bekerjasama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Banyuwangi.
  • Magang bagi SMK Perikanan
  • PKL dan Penelitian bagi Mahasiswa
  • Pelayanan kunjungan, bimbingan  dan konsultasi teknik budidaya air tawar.
  


SARANA DAN PRASARANA
          UPTD BBI Pesiapan memiliki luas areal  4,560 ha, dengan luas air  2,154  ha berupa  100 petak kolam dan 24 petak bak pembenihan ikan hias dan sisanya dipergunakan untuk jalan kompleks, halaman, taman, tempat parkir dan prasarana bangunan berupa : kantor  4 buah (200 m2), Rumah pimpinan 1 buah (50 m2), rumah jaga 6 buah ( 216 m2), mess 1 buah (122 m2), Bangsal pemberokan  5 buah (400 m2), Ruang pertemuan 2 buah (320 m2), laboratorium 1 buah (36 m2), Bangsal pembenihan 2 buah (420 m2), Hatchery 1 buah ( 90 m2), gudang pakan 4 buah (40 m2), Gudang peraltan 4 buah (40 m2),  rumah genset 2 buah  (12 m2), Kios perikanan, 1 buah (90 m2), dan garase mobil 2 buah (20 m2)

JENIS IKAN YANG DIBUDIDAYAKAN
Jenis ikan yang dibudidayakan dan dikembangkan di UPTD BBI Pesiapan di antaranya adalah : Ikan Mas / Karper (Cyprinus carpio), Nila (Orechromis niloticus), Lele (Clarias sp), Gurami (Osphronemus gouramy), Patin (Pangasius sp), Tawes (Pontius goninutus), Cherax / Lobster air tawar (Cherax sp) dan beberapa jenis ikan hias seperti Koi (Cyprinus sp) dan Komet (Carasius auratus).






  PROGRAM KERJASAMA
Dalam mengemban tugas dan fungsinya, UPTD BBI Pesiapan tidak hanya melaksanakan program kerjanya secara internal tetapi juga menjalin kerjasama dengan institusi lain. Beberapa institusi yang melakukan kerjasama dengan UPTD BBI Pesiapan diantaranya :
  • Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP), Kementrian kelauatan dan Perikanan.
  • Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Banyuwangi
  • KPN Ikan Mas Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan
  • Koperasi Mina Lestari 

9 komentar:

Unknown mengatakan...

Bapak saya mahasiswa Fakultas Perikann dan Ilmu Kelutan Univ.Brawijaya Malang,saya ingin PKL di Balai ini pak, kira-kira bisa apa tidak pak? kalau boleh, saya minta contact personnya yang bisa di hubungi Teriakasih sebelumnya :)

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Agus Rochdianto mengatakan...

Yth mbak Sherly Surya, silakan PKL di BBI Pesiapan. Untuk informasi silakan hubungi Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan, Jln. Pulau Nias No.33 Tabanan - Bali. Telp 0361-811497

Unknown mengatakan...

Pak, saya mau belajar cara membudidayakan ikan mas dan udang. Apakah di BBI pesiapan bisa? Suksma

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

assalamualaikum wr.wb
bapak saya mahasiswa universitas muhammadiyah malang,dari jurusan perikanan, bidang study budidaya perairan( AquaCulture), beminat untuk PKL di temapat bapak, sudikah kiranya bapak menerima saya melakukan PKL di tempat bapak.sekiranya diperbolehkan saya minta nomer hp yang bisa di hubungi.
terima kasih
wassalamuaikum wr.wb

virayuniar mengatakan...

Permisi bapak, saya Virs Yuniar mahasiswa universitas airlangga jurusan budidaya perairan. apakah saya bisa magang di BBI tabanan ? jika bisa, bolehkah saya meminta kontak bapak ? terimakasih..

Unknown mengatakan...

Pa sy dr labuan bajo mhn info bibit lele dsn patin apa bisa di order.tkd