Senin, 27 Oktober 2014

Bupati Tabanan Lepas 123 Tukik di Pantai Yeh Gangga


Tabanan - Untuk melestarikan lingkungan pantai sekaligus melindungi keberadaan penyu agar tidak punah, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti melepas 123 tukik di Pantai Yeh Gangga, Kamis (21/8/2014). Selain menjaga keberadaan penyu, kegiatan ini juga diharapkan mampu menjaga ekosistem laut tetap berjalan.
 
Sebanyak 123 tukik jenis penyu lekang (Lepidochelys olivacea) dilepas ke laut bebas. Penyu lekang yang dilepas kali ini merupakan hasil penangkaran yang dilakukan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Tirtha Gangga yang berada di pesisir Yeh Gangga. Total telur yang berhasil diambil dari sejumlah sarang untuk ditangkarkan berjumlah 1.344 buah. 
 
Jumlah telur penyu tersebut berasal dari pesisir barat sebanyak 798 telur dan pesisir timur sebanyak 546 telur. "Kalau telur dibiarkan tetap berada dalam sarang, dikhawatirkan akan dimangsa predator seperti anjing, biawak dan juga manusia," kata Ketut Linggih Ketua Pokmaswas Tirtha Gangga

Menurut Ketut Linggih, waktu yang dibutuhkan untuk menetaskan satu telur adalah 45-60 hari. Dimana untuk bisa menetas dengan baik, telur-telur tersebut harus dilindungi dan diawasi. "Kalau di sarang aslinya, selain rawan dimangsa predator, telur penyu juga rawan terendam air laut sehingga busuk dan gagal menetas," katanya sambil menambahkan setelah menetas, tukik dipelihara 7 - 10 hari di bak khusus untuk selanjutnya dilepas ke laut. 
 
Selain mendapat atensi dari Bupati Tabanan, pelepasan tukik kali ini juga mendapat perhatian khusus dari Muspida Tabanan dan Anggota DPRD Tabanan. Menurut Bupati Tabanan, untuk dapat melestarikan keberadaan penyu diperlukan komitmen dan sinergisitas antara masyarakat dan pemerintah. Karena keberadaan penyu di laut sangat penting untuk keberlangsungan ekosistem laut. 
 
Bupati juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan pantai. Karena tidak dipungkiri, Pantai Yeh Gangga bisa menjadi salah satu tourist destination di Tabanan. “Kunci pariwisata adalah kebersihan. Karena dari kebersihan inilah akan mampu menarik wisatawan luar negeri untuk berkunjung ke Tabanan,” pungkasnya. (gus)

Tidak ada komentar: