Senin, 27 Oktober 2014

Pengolahan Aneka Ikan Lele

Aneka olahan dari ikan lele yang sudah dikemas dan siap dijual

Program Partisipasif Budidaya Ikan Lele yang dicanangkan Bupati Tabanan tahun 2013 lalu ternyata mendapat sambutan hangat warga masyarakat, utamanya kaum ibu. Mereka kini banyak yang terjun membudidayakan ikan lele di kolam terpal.
 
Hasil panen ikan lele, selain bisa dijual secara langsung dalam keadaan hidup dan segar, sebenarnya bisa juga dijual dalam bentuk olahan. Selain meningkatkan harga jual, mengolah ikan lele juga bisa dijadikan salah satu alternatif usaha keluarga. Bagi yang berminat, berikut ini resep aneka olahan dari ikan lele.
 
Nuget Lele
Untuk membuat nugget lele, bahan yang yang diperlukan berupa daging ikan lele 500 gram, Bawang putih  6 siung, Pala halus  secukupnya, Merica halus  1 sdm (sendok makan), Garam  2 sdm, Gula pasir  2 sdm, Bawang daun  2 batang, Penyedap rasa  secukupnya, Telur ayam 2 butir, Roti tawar  3 lembar, Tepung roti/panir  500 gr, Minyak goreng : secukupnya
 
Nugget dari ikan lele
Bahan untuk formula butter mix berupa  Terigu  4 sdm,  Tepung maizena  2 sdm,  Air es secukupnya, Telur ayam 1 butir,  Garam secukupnya, Penyedap rasa secukupnya, Merica halus secukupnya, Soda kue secukupnya. Bahan-bahan ini kemudian diaduk dengan mixer hingga merata dan agak kental selanjutnya digunakan untuk pencelupan produk. Agar hasilnya bagus butter mix sebaiknya disimpan dulu dalam kulkas sebelum digunakan.
 
Cara membuat, daging ikan lele dihaluskan, masukkan bumbu berupa garam, pala, merica, penyedap rasa, gula, dan daun bawang. Kemudian giling hingga halus. Tambahkan telur dan aduk hingga rata. Tambahkan roti tawar yang telah dipotong-potong dan aduk sebentar. Adonan diangkat dan aduk dengan solet, masukkan dalam cetakan/ loyang. Kukus selama 30 menit dari saat air mendidih atau bila ditusuk dengan lidi terasa kalis/tidak lengket.
 
Setelah dikukus adonan diangkat dan dinginkan, lalu dipotong-potong berbentuk bulat, pipih, atau menurut selera. Potongan nugget dicelupkan dalam butter mix/atau putih telur, kemudian digulingkan atau dibalut dengan tepung roti/panir. Selanjutnya digoreng dalam minyak panas, tercelup semua dalam minyak sampai warna kuning kecoklatan. Nugget siap dihidangkan dengan saus tomat/sambal tomat
 
Stick Lele
Bahan yang diperlukan berupa daging ikan lele yang telah dilumatkan sebanyak 300 gram, Tepung terigu 1 Kg, Tepung tapioka, Tepung maizena 200 gram, Garam 1 sdm, Daun jeruk purut 5 lembar, Seledri secukupnya, Telur ayam 2 butir, Baking soda 1 sdt (sendok teh), Mentega  2 sdm, Lada halus 1 sdt, Ketumbar halus 2 sdm.
 
Cara membuatnya, daging ikan lele dilumatkan dengan food processor atau diblender tanpa menggunakan air. Haluskan bawang putih, Iris halus daun seledri, Campurkan daging ikan yang sudah dilumatkan dengan seledri yang sudah diiris, tepung terigu, bumbu halus, garam, telur dan baking soda. Aduk adonan tersebut sampai kalis dan bisa dicetak. Bila adonan terlalu lengket, maka dapat ditambah dengan tepung tapioka.Tipiskan adonan sampai membentuk lembaran-lembaran. Cetak atau dapat dipotong kecil-kecil sesuai selera. Lalu goreng sampai kecoklatan. Pengemasan dapat dilakukan dengan kantong plastik.
 
 
Keripik lele
Untuk membuat keripik lele, bahan yang diperlukan berupa daging lele 100 gr, tepung terigu 100 gram, tepung maizena 20 gram, ½ sdt baking powder,  1 butir telur ayam diambil kuningnya saja, 30 gr margarin. seledri dipotong halus, 1 sdt garam, 25 ml air es, bumbu kaldu, minyak goreng
 
Cara membuatnya, aduk semua bahan sampal meggumpal/kalis. Giling adonan sampai halus/tipis. Potong segitiga/ bentuk sesuai selera. Goreng dengan api kecil sampai kekuningan. Angkat, dinginkan dan siap dikemas.
 
 
Bupati Tabanan menunjukkan sate lilit iken lele
Sate Lilit Lele
Bahan yang diperlukan 0,5 kg daging lele yang sudah difilet atau diblender,  setengah butir kelapa muda yang sudah diparut , segelas santan kental, Jeruk limau, Minyak kelapa tandusan, Tusuk sate dari bambu atau kayu.  Bumbu yang diperlukan, 3 biji cabe kecil,3 biji cabe besar, Terasi yang sudah dipanggang, Merica, cabai, Gula pasir secukupnya, Garam secukupnya  dan Penyedap rasa.
 
Cara membuat, Uleg/haluskan bumbu hingga rata. Buat adonan bumbu dengan daging. Tumbuk atau blender adonan sate tersebut. Angkat dan tuangkan sedikit demi sedikit santan kental. Tambahkan bawang goreng, penyedap rasa, perasan jeruk limau. Lilit adonan sate dengan tusuk sate ukuran sedang. Panggang di atas bara api. Sate siap dihidangkan
 
Bakso ikan lele
Bakso  lele 
Bahan  bakso berupa daging ikan lele 1 kg, Tepung kanji 200 gr,  Air 4 liter, Putih telur 1 butir, Garam secukupnya,  Gula pasir 20 gr,  Merica 40 gr, Es batu 1 kg,  Bawang putih 350 gr  dan Penyedap rasa. Untuk bahan Kuah Bakso  berupa Merica dan bawang putih
 
Cara membuat, rendam daging ikan utuh dalam  air yang sudah diberi garam dan es batu selama 15 menit. Setelah 15 menit angkat daging ikan dan peras menggunakan kain kasa untuk memisahkan air dari daging ikan.  Kemudian haluskan daging tersebut dengan cara ditumbuk atau digiling. Haluskan bumbu-bumbu ( merica, bawang putih, garam) campur dengan daging lumat sambil diuleni dan masukkan kanji sedikit demi sedikit . Aduk adonan sampai tercampur dan tidak lengketdi tangan, tambahkan putih telur satu butir untuk setiap 1 kg adonan. Lakukan pencetakan yaitu dengan membuat bola-bola kecil dengan cara adonan diletakkan pada telapak tangan, dikepal-kepal, kemudian ditekan, sehingga keluar bola-bola bakso dari sela-sela jari telunjukdan ibu jari.
 
Bola-bola bakso yang keluar dari kepalan tangan diangkat dengan sendok dan sedikit ratakan. Masukkan dalam air hangat biarkan selama 20 menit, kemudian rebus dalam air mendidih sampai bakso mengapung sebagai tanda telah matang. Angkat bakso yang telah matang dan massukan dalam air dingin (air es) biarkan sekitar 15 menit. Angkat bakso, dan siap dihidangkan.
 
Untuk membuat kuah bakso, rebus sisa-sisa penyiangan ikan, seperti kepala dan tulang ikan kemudian berikan bumbu yang telah dihaluskan (merica, bawang putih, garam). Tambahkan bawang goreng saat menghidangkan. (Agus Rochdianto)

Tidak ada komentar: