Senin, 27 Oktober 2014

Selamatkan Penyu di Yeh Gangga, Wabup Sanjaya Lepas 84 Ekor Tukik

Wabup Sanjaya didampinhgi mantan Bupati Tabanan N. Adi Wiryatama dan sejumlah pejabat melepas 84 ekor tukik lekang di Pantai Yeh Gangga

Tabanan – Guna menjaga lingkungan dan menyelamatkan keberadaan Penyu Lekang (Olive Ridley) di kawasan Pantai Yeh Gangga Tabanan, Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya melepas 84 ekor tukik hasil penangkaran Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Tirta Gangga di Pantai yeh Gangga, Kecamatan Tabanan, Jumat (25/7) pagi. Turut mendampingi, Mantan Bupati Tabanan N. Adi Wiryatama, Kepala SKPD terkait dan Camat Tabanan.


Ketua Pokmaswas Tirta Gangga Ketut Linggih menjelaskan, jenis penyu yang dilepas ke pantai kali ini adalah penyu lekang (Olive Ridley). Dari 500 butir telor yang ditangkarkan, kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) yang berada di seputaran Pantai Yeh Gangga baru berhasil menetaskan 84 ekor.

Menurut Linggih, telur-telur yang ditetaskan tersebut dikumpulkan secara sengaja dengan tujuan menjaga keberadaan penyu lekang dari predator utamanya, adalah manusia. Sementara sisa telur yang belum menetas, akan dibiarkan menetas sendiri, tanpa campur tangan manusia. Namun tetap dalam pengawasan. "Predator utama penyu adalah manusia. Kami berharap dengan kegiatan ini keberadaan penyu lekang dapat teris bertambah," harapnya.

Tewrkait hal itu, Wabup Sanjaya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya . Menurutnya kegiatan ini harus terus dilanjutkan demi melestarikann keberadaan penyu di Tabanan yang sedikit demi sedikit mulai punah. "Usaha ini menjadi langkah awal di Tabanan dalam mengurangi perdagangan penyu yang selama ini menjadi sorotan dunia. Dengan pelepasan tukik ini, berarti kita telah menyelamatkan salah satu hewan langka dan  tertua di dunia," pungkasnya.(gus)
 

Tidak ada komentar: