Kamis, 14 November 2013

UPP dan Pokdakan Tabanan Raih Prestasi Terbaik





Duta Kabupaten Tabanan dalam lomba di bidang perikanan dan kelautan kembali mengukir prestasi terbaik di tahun 2012 lalu. Unit Pelayanan Pengembangan  (UPP) Mina Karya Lestari menorehkan prestasi sebagai Juara I Tingkat Nasional. Sedangkan Kelompok Pembudiaya Ikan (Pokdakan) Mina Srikandi meraih juara I lomba kinerja kelompok perikanan tahun 2012 tingkat Provinsi Bali.
Terkait prestasi yang membanggakan tersebut, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memberikan apresiasi positif dan berharap ke depan kinerja UPP dan Pokdakan di Kabupaten Tabanan bisa lebih ditingkatkan. Hal itu diungkapkan Bupati Wiryastuti saat menerima kunjungan dari perwakilan UPP Mina Karya Lestari dan Pokdakan Mina Srikandi didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Kabupaten Tabanan I Made Subagia di ruang kerjanya, Rabu (30/1).
Menurut Bupati Wiryastuti, kesuksesan yang berhasil diraih oleh UPP Mina Karya Lestari dan Pokdakan Mina Srikandi merupakan buah dari kerja keras yang dilakukan selama ini. “Saya berharap penghargaan yang diraih ini tidak membuat kita terlena dan merasa puas diri karena tantangan ke depan akan semakin besar. Mari kita berdayakan potensi perikanan dan kelautan yang kita miliki dengan sebaik-baiknya untuk mensejahterakan masyarakat Tabanan,” paparnya.
Bupati perempuan pertama di Bali ini menegaskan bahwa kesuksesan yang diraih tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, mulai dari masyarakat dan pemerintah melalui dinas terkait. Karena itu dirinya berharap komunikasi dan koordinasi terus ditingkatkan karena sebaik apapun sebuah program tidak akan bisa berjalan maksimal tanpa komunikasi dan koordinasi yang baik antar semua elemen dalam masyarakat. ” Mari kita bangun komunikasi dan koordinasi yang baik agar seluruh program yang kita buat bisa berjalan maksimal. Kami dari pemerintah siap menampung berbagai keluhan maupun masukan dari masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Diskkanlaut Tabanan I Made Subagia menuturkan, UPP Mina Karya Lestari menerima penghargaan kinerja UPP tingkat nasional saat penganugerahan Adi Bakti Mina Bahari tingkat nasional tahun 2012 di Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat belum lama ini. Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, pada bulan Desember yang lalu UPP Mina Karya Lestari melaksanakan kegiatan bursa ikan di pasar Tuakilang dengan melibatkan petani ikan, pengepul dan pedagang ikan di pasar Tuakilang. “Respon masyarakat terhadap bursa ikan yang digelar cukup bagus. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai ajang promosi bagi pasar ikan di Tuakilang,” ujarnya.
Sedangkan untuk Pokdakan Mina Srikandi, menurut Subagia berdiri tahun 2009 khusus membudidayakan lele di kolam terpal. Awalnya hanya memproduksi 2.140 Kg Ikan lele sekali panen, kemudian mengalami peningkatan hingga berhasil mendapatkan produksi 10 ton lele sekali panen. Pokdakan ini dipercaya untuk mengikuti lomba kinerja kelompok tahun 2012 di tingkat Provinsi Bali  hingga akhirnya sukses meraih juara I. “Atas kesuksesan yang berhasil diraih di tingkat Provinsi, Pokdakan Mina Srikandi maju ke tingkat nasional tahun 2013 ini. Mudah-mudahan di tingkat nasional nanti juga berhasil meraih prestasi gemilang untuk mebuktikan bahwa kita di Tabanan telah mampu memberdayakan potensi yang kita miliki dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (gus)

Tidak ada komentar: