Rabu, 27 November 2013

Sate Lilit Ikan Tabanan Cetak Record MURI



 
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan Made Subagia terima piagam MURI


Demonstrasi membuat sate lilit ikan yang diikuti oleh 1.629 siswa SMP di Pasar Ikan Terpadu, Tuakilang, Denbantas, Tabanan, Minggu (24/11) akhirnya mencetak record baru MURI (Museum Record dunia Indonesia) dalam kategori jumlah peserta terbanyak.




 
Terkait hal itu, Manajer MURI Sri Widayati yang  turun langsung memantau kegiatan tersebut memberikan tiga buah Piagam MURI. Masing-masing kepada Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti sebagai Pemakrasa, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tabanan Made Subagia sebagai Penyelenggara dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Tabanan Putu Santika sebagai Pendukung. “Demonstrasi pembuatan sate lilit di Tabanan telah mencetak record baru MURI. Sebelumnya di Semarang juga sudah tercatat record MURI sate lilit ikan dengan a.
kategori dililitkan dalam satu tusuk sate terpanjang,” ujarnya.


Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti ditemui seusai menerima Piagam MURI menyatakan rasa syukurnya karena Demonstrasi membuat sate lilit ikan ini bisa mencetak record baru MURI. Kegiatan ini semata-mata tidak bertujuan untuk mendapatkan penghargaan MURI, tapi lebih pada mensosialisasikan gerakan makan ikan di kalangan anak-anak, sekaligus sebagai upaya pelestarian sate lilit ikan sebagai budaya Bali. “Hut Kota Tabanan selalu mengedepanjan potensi yang ada di Tabanan untuk dikelola menjadi sebuah prestasi. Record MURI ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan untuk Tabanan,” jelasnya.
 
Hal senada diungkapkan Kepala Diskanlaut Tabanan Made Subagia yang telah mempersiapkan kegiatan ini jauh hari sebelumnya. Menurut Subagia, berdasrkan hasil registrasi, kegiatan demonstrasi ini ternyata diikuti oleh 1.621 peserta. Padahal sebelumnya panitia hanya menargetkan 1.520 peserta. “Jumlah peserta ternyata melebihi target. Namun hal ini tidak menjadi masalah karena bahan adonan sate yang disediakan mencukupi,” katanya sambil menambahkan, dari jumlah peserta tersebut bisa dihasilkan sate lilit ikan sejumlah 32.420 tusuk sate, melebihi dari yang ditargetkan sejumlah 30.400 tusuk sate.
 
Dalam kegiatan pembuatan sate lilit ikan menyambut Hut Kota Tabanan ke 520 ini, Bupati Tabanan beserta suami dan Wabup Tabanan Komang Sanjaya beserta istri menyempatkan diri bergabung dengan ribuan siswa SMP untuk membuat sate lilit ikan besama. Bupati dan rombongan berkeliling stand dan sesekali mencoba sate lilit ikan yang telah selesai dipanggang. “Sate lilit ikannya enak dan memiliki rasa khas yang membangkitkan selera,” katanya memuji sate lilit buatan anak-anak SMP di Tabanan. (gus)

Tidak ada komentar: