Rabu, 13 November 2013

UPP Mina Karya Lestari Dinilai Tim Pusat





Unit Pelayanan dan Pengembangan (UPP) Mina Karya Lestari Kabupaten Tabanan yang menjadi duta Bali dalam lomba kinerja UPP tingkat nasional, Senin (12/11) dinilai oleh Tim Pusat dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wabup Tabanan Komang Gede Sanjaya memberikan apresiasi positif terhadap kepercayaan yang diberikan oleh Pemprov Bali menunjuuk UPP Mina karya Lestari Kabupaten Tabanan sebagai Duta Bali. Terkait hal itu, Bupati Wiryastuti berharap UPP Mina Karya Lestari bisa mengemban kepercayaan yang diberikan tersebut dengan menunjukkan prestasi terbaik. “Saya yakin UPP Mina Karya Lestari bisa mengharumkan nama Bali, khususnya Kabupaten Tabanan dengan menunjukkan prestasi terbaik,” paparnya.

Keyakinan bupati tersebut dilandasi dengan beberapa pertimbangan, di antaranya kiprah UPP Mina Karya Lestari selama ini yang sudah bisa memberikan kontribusi positif terhadap sejumlah prestasi yang diraih oleh kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Kabupaten Tabanan yang menjadi anggota UPP Mina Karya Lestari.


Sebelumnya, Ketua UPP Mina Karya Lestari Drs. I Wayan Widarta dalam laporannya mengungkapkan, sejak didirikan tahun 2005 lalu, UPP Mina Karya Lestari telah menghantarkan sejumlah Pokdakan menorehkan prestasi terbaik di tingkat provinsi dan nasional. Pada tahun 2011 lalu, di antaranya mengantarkan Pokdakan Darma Nadi menyabet juara I tingkat Provinsi dan juara II tingkat nasional untuk komoditas lele. Sementara pada tahun 2012 ini,  Pokdakan Mina Srikandi juga berhasil meraih prestasi sebagai juara I tingkat provinsi Bali.

Menurut Widarta, kelembagaan UPP yang dikelolanya ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dan penanganan secara professional, yang berorientasi pada agrobisnis dan menuju kemandirian Pokdakan. “Saya yakin dengan adanya perencanaan hingga pengawasan yang baik, maka UPP Mina Karya Lestari akan menjadi organisasi yang besar dan mampu melayani, mendampingi pembudidaya ikan di Tabanan dalam hal teknologi, produksi, pemasaran, permodalan dan kemitraan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Kinerja Kelembagaan  UPP tingkat Nasional Sutar Sianturi dalam sambutannya mengungkapkan UPP Mina Karya Lestari merupakan satu di antara lima UPP yang telah lulus seleksi lomba kinerja UPP tingkat nasional. “ Lima UPP yang berlomba di tingkat nasional masing-masing adalah UPP perwakilan dari provinsi Bali, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten dan Bangka Belitung,” jelasnya.

Sutar  Sianturi juga menjelaskan, di antara lima UPP yang maju ke tingkat nasional tersebut, UPP Mina Karya Lestari merupakan UPP terakhir yang dinilai oleh Tim Penilai tingkat nasional. Sama seperti UPP lainnya, dalam penilaiannya di Bali, tim penilai tetap mengacu pada kriteria penilaian yang telah ditetapkan yakni pada aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. “Kami bertiga datang ke Bali untuk menilai masing-masing aspek yang telah ditentukan tersebut,” tegasnya.

Selain melakukan penilaian empat aspek tersebut di sekretariat UPP Mina Karya Lestari, Tim penilai juga melakukan uji petik penilaian lapangan di salah satu Pokdakan anggota UPP Mina Karya Lestari. “UPP Mina Karya Lestari minimal meraih juara harapan II tingkat nasional,” katanya berkelakar sebelum melakukan penilaian.

Selain dihadiri Wabup Tabanan, penilaian UPP Mina Karya Lestari juga dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi Bali, Made Gunaja, Sekda Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa dan sejumlah undangan.(gus)

Tidak ada komentar: