Jumat, 31 Agustus 2012

Budidayakan Ikan di Saluran Irigasi, Pemuda Sudimara Komitmen Jaga Ekosistem Lingkungan

 Mantan Bupati Tabanan N. Adi Wiryatama, tebar ikan di saluran irigasi
 
Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap kelangsungan ekosistem lingkungan, generasi muda Banjar yeh Gangga Desa Sudimara Tabanan yang tergabung dalam Sekaa Teruna Teruni (STT ) Tunas Muda bersama krama adat setempat melakukan kegiatan bersih-bersih dan budidaya ikan di saluran irigasi desa setempat.

Ketua STT Tunas Muda Gede Januarta, Minggu (15/4) mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemuda setempat terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan. “Mendukung program Bali Clean and Green yang dicanangkan Pemprof Bali bias dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya adalah melalui kegiatan budidaya ikan di saluran irigasi seperti yang kami lakukan ini,” katanya.


Menurutnya pemuda merupakan ujung tombak pembangunan, karena itu pemuda berkewajiban untuk ikut memberikan ide-ide kreatif. Januarta berharap kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya agar ekosistem lingkungan tetap terjaga sebagai warisan anak cucu kita di kemudian hari. “Ikan yang kami pelihara di saluran irigasi selain untuk usaha juga sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan karena dengan adanya ikan, kami bias lebih bersemangat mengadakan gerakan kebersihan secara berkala,” paparnya.

Hal senada juga diungkapkan Bebdesa Adat Yeh Gangga I Ketut Leged. Menurutnya kegiatan bersih-bersih dan budidaya ikan di saluran irigasi ini selain sebagai salah satu bentuk kepedulian STT dan masyarakat terhadap lingkungan juga merupakan sebuah kegiatan positif yang perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak. “Gerakan kebersihan kami lakukan secara berkala. Selain dengan warga dan STT Tunas Muda, beberapa waktu yang lalu kami juga melakukan gerakan kebersihan di Pantai Yeh Gangga bersama pegawai, polisi dan TNI. Sedangkan untuk budidaya ikan di saluran irigasi sudah dilakukan STT beberapa kali dengan hasil yang cukup menguntungkan ,” katanya.

Sementara itu, mantan Bupati Tabanan N. Adi Wiryatama yang beberapa waktu lalu didaulat  STT Tunas Muda menebarkan ikan di saluran irigasi menyampaikan apresiasi serta rasa bangganya karena STT dan krama banjar Yeh Gangga sudah menunjukkan kekompakannya ikut berperan serta menjaga ekosistem lingkungan. Menurutnya budidaya ikan di saluran irigasi merupakan salah satu sarana untuk menerapkan pola  hidup sehat. Selain menjaga kebesihan air, ikan juga baik untuk dikonsumsi. Pihaknya berharap kegiatn seperti bisa dilakukan secara berkesinambungan dan dicontoh oleh desa-desa lainnya. “Saya salut melihat persatuan yang ditunjukkan oleh krama banjar Yeh Gangga. Pemuda dan masyarakat lainnya kompak menjaga ekosistem lingkungan. Mudah-mudahan bisa dicontoh oleh desa yang lain,” pungkasnya. (gus)

Tidak ada komentar: