Jumat, 31 Agustus 2012

Peduli Lingkungan Hidup, PWDK Wilayah Tabanan Tebar Ikan di Danau Beratan


Peduli terhadap lingkungan hidup, Persekutuan Wanita Dian Kristawati  (PWDK) Wilayah Tabanan mengisi peringatan Hari Kartini dengan melakukan penebaran benih ikan di Danau Beratan, Bedugul, Baturiti, Sabtu (21/4).

Terkait kegiatan tersebut, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Sekda Tabanan I Wayan Miarsana mengharapkan penebaran ikan yang dilakukan PWDK Wilayah Tabanan  dapat bermanfaat bagi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. “Aktivitas inovatif ini perlu didukung semua pihak karena sejalan dengan visi Tabanan Serasi dan sejalan dengan program Bali Clean and Green,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Wiryastuti juga memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PWDK Wilayah Tabanan yang mengisi peringatan Hari Kartini dengan kegiatan inovatif dan positif. “Kami mengharapkan kegiatan ini bisa berlanjut dan diikuti oleh organisasi wanita lainnya  dalam mengisi cita-cita perjuangan Kartini dalam mengabdikan diri kepada daerah Tabanan,” paparnya.

Bupati Wiryastuti berharap, kegiatan inovatif  dan positif  ini bisa berlanjut. Tidak hanya di bidang lingkungan, namun juga di bidang lainnya yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Sejarah Indonesia telah membuktikan bahwa banyak wanita mampu berperan di berbagai bidang kehidupan. Mari kita satukan hati, langkah dan perbuatan kita untuk menjadi Kartini Kartini pejuang pembanguan dalam mensejahterakan masyarakat dan melestarikan lingkungan hidup kita,” ajaknya.

Peduli lingkungan
Ketua PWDK Wilayah Tabanan  Ny.Apsasce G.Huru S dalam sambutannya  mengungkapkan, penyelamatan lingkungan merupakan salah satu program jangka panjang PWDK Wilayah Tabanan yang dilakukan secara berkelanjutan. Pada peringatan Hari Kartini tahun ini, PWDK Wilayah Tabanan  mengusung thema Bertumbuh Bersama Masyarakat. “Sedangkan sub themanya adalah Dian Kristawati dipanggil untuk mempererat persekutuan , merawat kemajemukan dan memelihara lingkungan,” terangnya.

Terkait hal itu, tambah  Ny. Apsasce G.Huru S, PWDK Wilayah Tabanan sengaja melakukan kegiatan penebaran ikan di Danau Beratan. “Salah satu tujuannya adalah memotivasi masyarakat agar peduli dan menjaga lingkungan danau,” katanya sambil mengajak masyarakat sekitar yang hadir untuk menjauhkan danau dari sampah dan limbah kimia sehingga ikan yang ditebarkan bisa tumbuh besar untuk dimanfaatkan masyarakat.

Menurut Ny. Apsasce G.Huru S, selain penebaran ikan di Danau Beratan, pada serangkaian peringatan hari Kartini ini, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan terkait penyelamatan dan kepedulian terhadap lingkungan. Di antaranya adalah menggelar work shop go green movement, sosialisasi komposter rumah tangga, pemilahan sampah rumah tangga dan pemanfaatan lahan lingkungan. “Semua kegiatan yang kami gelar merupakan wujud kepedulian kami terhadap lingkungan,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini  PWDK Wilayah Tabanan Sri Lestari, SST. M.Erg dalam laporannya mengungkapkan, ikan yang ditebarkan di Danau Beratan total sejumlah 85 ribu ekor . “Danau Beratan kami pilih sebagai lokasi penebaran ikan karena masyarakat di sekitarnya telah menjadikan Danau beratan sebagai salah satu sumber perekonomian,” katanya.

Terkait penebaran ikan tersebut, Sri Lestari berharap adanya keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam memeliharanya. Utama pemeliharaan terhadap lingkungan perairan danau agar tetap ideal bagi kehidupan ikan. “Ke depan kita harapkan ikan yang ditebarkan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat untuk pemenuhuan gizi, perekonomian maupun home industri,” katanya berharap.

Selain dihadari anggota kelompok  pembudidaya ikan Mina Sari Danu, Br. Taman Tanda, Desa  Batunya, kegiatan penebaran ikan ini juga dihadiri Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Tabanan  Made Yasa, Sekretaris Diskanlaut Tabanan I Made Subagia, Ketua Majelis Sinode Harian GKPB dan sejumlah undangan. (gus/21042012)

Tidak ada komentar: